Install Pluggin All in One SEO Pack di Wordpress

Diposting oleh Unknown on Jumat, 10 Desember 2010

Dummy Blogs not For Dummies
Ketika pertama kali blog ini lahir ke dunia maya, saya pun langsung menginstal dan mengaktifkan beberapa plugin. Plugin pertama tentu saja plugin akismet berguna untuk menghandle serangan komentar spam. Walaupun belum pernah mendapat komentar spam tapi saya yakin plugin akismet ini mutlak diperlukan oleh blog wordpress saya ini di kemudian hari. Plugin akismet ini tidak perlu diinstal karena sudah otomatis ada di wordpress, kita hanya perlu mengaktifkannya dan memasukkan API Key, bagi yang belum tahu silahkan baca disini.
Setelah mengaktifkan plugin akismet, plugin selanjutnya yang mutlak diperlukan menurut saya adalah plugin All In One SEO Pack. Wajar saja karena saya juga ingin blog saya lebih dikenal dan ramah pada Search Engine, sehingga saya juga mendapat pengunjung yang datang dari Search Engine. Plugin ini perlu saya install sendiri karena berbeda dengan plugin akismet, plugin All In One SEO Pack belum terinstall pada saat kita menginstall wordpress. Cara menginstall plugin pada wordpress silahkan baca disini.
Setelah berhasil menginstall dan mengaktifkan plugin All In One SEO Pack, mungkin anda perlu sedikit tahu bagaimana cara menggunakannya. Walaupun sebagian besar fungsi plugin All In One SEO Pack ini akan berjalan dengan sendirinya, tetapi mungkin ada beberapa hal yang perlu anda setting. Untuk itu silahkan buka menu Setting pada Dashboard anda, lalu klik All In One SEO.
plugin all in one seo pack 1
Anda akan masuk pada halaman All in One SEO Plugin Options. Beberapa hal yang perlu anda isi dan setting adalah :
  1. Plugin Status silahkan pilih Enabled.
  2. Isikan Home Title, yaitu title di browser yang akan muncul pada halaman Home.
  3. Isikan Home Description, yaitu tag meta description pada halaman Home.
  4. Isikan Home Keywords, yaitu tag meta keyword pada Home, walaupun konon tag meta keyword tidak ada pengaruhnya pada SEO tapi toh tidak susah mengisinya.
Setting yang lainnya biarkan saja dan lalu silahkan klik tombol Update Options. Selanjutnya setiap menulis post baru, di bagian paling bawah halaman Add New Post akan terdapat tempat untuk All In One SEO Pack. Terdapat tiga hal yang bisa anda setting yaitu : Title, Description dan Keyword.
plugin all in one seo pack 3
Untuk ketiga isian plugin All In One SEO Pack ini, berikut yang perlu anda perhatikan :
  1. Title bisa diisi jika anda ingin title yang muncul pada browser nantinya berbeda dengan judul posting anda. Saya biasanya mengosongkan bagian ini dan membiarkan title muncul sesuai judul post yang saya publish.
  2. Description bisa diisi dengan kalimat ringkasan dari isi post. Description ini akan digunakan pada tag meta description. Kalau pun dikosongkan plugin All In One SEO Pack akan secara otomatis mengisinya dengan mengambil dari tulisan anda. Saya lebih suka mengisinya dengan kalimat yang bernada “mengundang pembaca”, karena description ini umumnya juga akan ikut muncul pada SERP (Search Engine Result Page) ketika blog kita berhasil muncul pada hasil pencarian Search Engine. Jadi lumayan untuk mencoba mengundang pembaca untuk mengunjungi blog kita.
  3. Keyword biasanya saya kosongkan saja, karena keyword juga bisa diambil otomatis oleh plugin All In One SEO Pack dari Post Tag yang kita buat.
Selamat mencoba, kalau ada yang kurang atau terlewat, monggo silahkan tambahkan di kolom komentar.
Share

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Follow jo_indonesia on Twitter