Google Sandbox Check dan Solusi Tepat

Diposting oleh Unknown on Selasa, 07 Desember 2010

Blog anda kena tendang Google Sandbox? Berikut solusi cepat keluar dari Google Sandbox. Solusi atau tips keluar dari kotak pasir Google ini sebenarnya semata-mata berdasarkan pengalaman saya sendiri plus saran dari berbagai sumber (termasuk beberapa sahabat blogger) ketika beberapa waktu yang lalu blog ini sempat terjun bebas masuk Google Sandbox. Saat ini Sulfikar.com berangsur-angsur pulih setelah menerapkan beberapa tips tertentu, karena itu saya memberanikan diri untuk membagi tips ini.

Mungkin anda bertanya (mungkin juga tidak, hehehe..) apa itu Google Sandbox? Agak sulit menjelaskan “senjata” Google yang satu ini tapi secara sederhana saya menyimpulkan bahwa Google Sandbox adalah kejadian menghilangnya index blog atau melorotnya SERP pada search engine (baca; Google). Lalu mengapa sebuah blog bisa kena sandbox? Bisa jadi anda terlalu masif dalam mengoptimasi SEO blog anda atau mungkin juga anda menerapkan berbagai “Ilmu Hitam” untuk meningkatkan rangking atau pengunjung/trafik ke blog anda :) Untuk memastikan apakah anda benar-benar masuk Google Sandbox setelah mengalami gejala-gejala seperti yang saya jelaskan di atas, anda dapat mengujinya dengan mengetikkan;

1. site:namadomain.com (ketikkan di pencarian Google.com), ini untuk mengetahui apakah index blog anda berkurang atau ada yang hilang, tentu saja dengan membandingkan jumlah index sebelumnya.
2. info:namadomain.com (ketikkan di pencarian Google.com), ada 2 kemungkinan yg akan terjadi;
- jika tertulis namadomain.com, nama blog berikut tagline-nya, ini berarti hanya URL tertentu yang kena sandbox.
- jika tertulis “Sorry, no information is available for the URL namadomain.com” Selamat! Sekali lagi selamat!!! Anda totally kick by Google Sandbox! hahahahaha…..hus!
Solusi cepat keluar Google Sandbox
Sebenarnya masalah cepat atau tidaknya anda keluar dari masalah ini sifatnya relatif, tergantung usaha dan nasib anda :) Berikut tips sederhana dari saya:

1. Keep posting. Jangan putus asa, masih banyak wanita lain di dunia ini. -halah!- maksud saya tetaplah memposting, jangan terlalu larut dalam kesedihan. Jika anda posting seminggu sekali, kali ini usahakan seminggu dua kali, singkatnya intensitas postingan anda dua kali lipat dari sebelumnya.
2. Repost/edit. Untuk URL yang hilang, lakukan edit (tambahkan kata, kalimat atau informasi lain yang bisa anda tambahkan lalu publish).
3. Resubmit sitemap. Submit ulang peta situs/sitemap anda.
4. Inbound link. Lakukan inbound link ke url yang kena sandbox.
5. Backlink. Cari backlink yang berkualitas atau se-niche dengan blog anda, tapi jangan terlalu masif (santai saja, no spamming!)
6. Looking for face. Maksudnya? Cari muka :) . Buatlah beberapa postingan tentang Google, dan buat link ke situs Google atau fasilitas Google yang lain.

7. Pray. Iya, berdoa! banyak-banyak berdoa, zakat untuk kaum dhuafa, kalo punya duit lebih silahkan berhaji… :)

Yang penting anda pahami adalah tidak usah terlalu memikirkan kapan atau seberapa cepat blog anda keluar dari sandbox, cukup lakukan langkah-langkah di atas.

Sekali lagi, solusi cepat keluar dari Google Sandbox ala Sulfikar.com ini semata-mata berdasarkan pengalaman saya. Bagi sahabat-sahabat blogger atau pembaca yang punya solusi yang lebih cespleng, mohon tinggalkan komentar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Follow jo_indonesia on Twitter