Submit

Diposting oleh Unknown on Kamis, 18 November 2010

Tugas pertama dari sang GURU, bagi sebagian orang mendaftarkan blog atau websitenya ke Google Webmaster adalah suatu kewajiban untuk mendapatkan hati si mbah Google , cara ini mungkin sudah sebagian besar blogger atau webmaster lakukan, terbukti susah payah melakukan optimasi selama ini  sampe keluar keringat dingin berbulan - bulan baru bisa keindex ama si mbah, ternyata cara paling ampuh  hanya dengan mendaftarkan ke Google Webmaster besoknya Ge-Books sudah dapat dilihat biarpun masih dengan mengetikkan nama website secara lengkap, berbanding terbalik dengan website - website yang lain yang selama ini saya buat.
Sebuah pelajaran berharga dari Sang Guru yang terimakasih sudah membagi ilmu, sedikit review bagaimana secara lengkap submit ke Google Webmaster.

Google Webmaster adalah layanan gratis dari google untuk para pengelola situs maupun blog. Di Google webmaster sendiri ada 2 cara mendaftarkan blog kita, yaitu dengan membuat meta tag dan dengan membuat halaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.  Daftar dan login di Google Webmaster 
2. Setelah langkah kedua klick "Add Site" lalu masukkan URL contoh : www.ge-books.com.

3. Setelah nama domain kita muncul maka pada bagian bawah akan muncul keterangan "Verifed"  jika domain anda sudah terverifikasi atau "Not Verified"  bila belum terverifikasi, jika belum lakukan langkah selanjutnya untuk melakukan verifikasi, maka akan muncul seperti gambar berikut ini.

pilih salah satu cara untuk melakukan verifikasi, disini saya akan mencoba melakukan verifikasi dengan cara upload an HTML file to your server, karena domain ini sudah saya hosting.
4. Setelah itu kita harus melakukan download terhadap file HTML liat bagian bawah gambar diatas sehingga muncul tampilan seperti ini.
atau anda bisa menambahkan META TAG dan  copas (copy-paste) kode meta yang diberikan ke bagian header.php tepatnya sebelum bagian di Themes Editor.

5. Untuk metode “HTML file”, buat 1 halaman baru dengan nama halaman (title) yang diberikan atau upload file html kosong dengan nama html yang diberikan.
6. Setelah melakukan salah satu metode tersebut, klik “Verify” dan hasilnya seharusnya status blog kita “VERIFIED” atau sudah terverifikasi.
7. Bila sudah terverifikasi, silahkan hapus kode meta atau halaman yang dibuat tadi, karena sudah tidak diperlukan dan agar tidak terlihat lagi di blog kita.
Keuntungan: Cara ini memberikan kepastian bahwa blog kita sudah terindeks di google karena layanannya disediakan oleh google. Selain itu kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Google webmaster ini untuk analisis blog kita. Hal ini akan kita bahas ditulisan lain.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

salam sahabat
wah jadiini seputar submit blog kita yach,poakai submit link deirektory atau submit url yang jelas kita harus bisa menguasai tentang penempatan yang tepat mas karena di webmaster ini sangat luas pembahasannya makaih infonya yach

Ge-Books | Gallery Ekspresi mengatakan...

@Dhana/戴安娜

makasih kunjungannya

Posting Komentar

Follow jo_indonesia on Twitter