Plugin Broken Lick Checker

Diposting oleh Unknown on Senin, 24 Januari 2011

Setelah 2 hari yang saya menulis artikel mengenai Tips Merawat Blog WordPress Bagian 2 yang membahas mengenai broken link, hari ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai plugin broken link checker yang saya gunakan untuk mengatasi masalah broken link pada blog saya.
Plugin ini merupakan salah satu plugin favorit saya, setiap saya membuat blog wordpress plugin ini tidak pernah ketinggalan untuk di install. Bahkan saya masukan plugin ini sebagai salah satu plugin wordpress yang direkomendasikan untuk di install, agar blog wordpress anda selalu bersih dari broken link yang cukup membuat masalah.
Cara kerja plugin ini cukup efektif dan user friendly, ketika plugin ini mendeteksi ada broken link pada blog anda, plugin ini tidak akan langsung menghapus link yang broken tersebut. Anda di beri 3 pilihan, yaitu Edit URL, Unlink, dan Not Broken :
  1. Edit URL
    Edit URL berfungsi untuk mengedit url/alamat sebuah blog/situs yang terdeteksi broken oleh plugin ini. Mengapa ada Edit URL ? Karena belum tentu semua link benar-benar broken, misalnya sebuah link yang tidak lengkap atributnya/alamat tujuan link tersebut, misalkan :
    htt://www.margasatrya.com (kurang P pada htt:// seharusnya http://).
  2. Unlink
    Unlink berfungsi untuk menghapus link yang ada pada sebuah text. Ketika ada link yang terdeteksi sebagai broken link, kemudian saya cek dan ternyata memang link tersebut tidak valid atau tidak ada tujuan, maka Unlink inilah yang saya klik.
  3. Not Broken
    Not broken berfungsi untuk menandakan sebuah link atau lebih (terdeteksi sebagai broken link) sebagai link yang valid atau not broken (tidak rusak). Ketika ada link yang terdeteksi sebagai broken link kemudian saya cek ternyata valid, Not Boken yang saya klik.

Cara Menginstallkan Plugin Broken Link Checker

Walaupun sudah sering saya bahas cara menginstallkan sebuah plugin pada wordpress, tapi tidak ada salahnyakan saya menuliskan kembali disini, siapa tahu ada diantara anda yang membaca artikel ini masih belum paham cara menginstalkan sebuah plugin.
  1. Login ke dashboard.
  2. Lihat bagian kiri layar monitor anda, pilih Plugins » Add New
  3. cara install plugin wordpress Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda
  4. Pada kotak yang ada di kanan monitor anda, ketikan Broken Link Checker, setelah itu klik Search Plugins
  5. cara install plugin wordpress1 Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda
  6. Lalu anda cari plugin Broken Link Checker yang akan anda installkan, setelah itu klik Install Now » Ok » Activate Plugin
  7. cara install plugin wordpress2 Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda
  8. Selesai.

Cara mengetahui laporan adanya broken link

Biasanya setelah anda installkan plugin ini, di dashboard anda akan bertambah 1 widget baru dengan nama Broken Link Checker. Bila plugin ini mendeteksi adanya broken link, widget tersebut nantinya akan menampilkan laporan broken link tersebut, silahkan sekarang anda cek dashboard anda, kemudian cari widget seperti gambar di bawah ini.
cara install plugin wordpress4 Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda
Silahkan anda klik link laporan broken link tersebut, lalu anda akan dibawa ke halaman list/daftar link yang terdeteksi sebagai broken link. Ketika anda sorot satu per satu link-link tersebut, tepat di bawahnya akan muncul 3 pilihan yang sudah saya jelaskan diatas.
cara install plugin wordpress3 Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda
Semoga dengan plugin ini blog anda akan selalu terbebas dari parasit yang namanya broken link icon mrgreen Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Follow jo_indonesia on Twitter