Riset Keyword ala Danu aKBAR

Diposting oleh Unknown on Rabu, 27 Juli 2011

Sebelumnya saya sudah pernah menulis thread tentang keyword research di adsense-id (Manual Keyword Research by Danu Akbar). Namun, apa yang tertulis disana adalah cara lama saya dan ada beberapa perubahan yang saya lakukan. Kali ini saya mau share cara baru saya dalam research keyword seperti yang saya sediakan di Jasa Research Keyword | Low Competition, High Exact Search, High CPC. Ada FRnya!!. *Membongkar rahasia produk sendiri nih. Kurang baik apa coba .
Pertama – tama seperti biasa siapkan 2 buat tool andalan kita.
  1. SEO Quake Add Ons (Biar gampang kita sebut SQ)
  2. Google Keyword External Tool (Biar gampang kita sebuat KET)
Ok, lanjut ke proses demi proses dalam riset keyword ini. Sebelumnya, yang akan kita lakukan ini adalah riset keyword khusus untuk pemain adsense. Kita mencari keyword yang high CPC dan high search tetapi low competition.
Pertama, tentukan niche / spesific niche.
Kita ambil contoh disini adalah niche yang lagi ramai di adsense karena CPCnya tinggi, “Asbestos”.
Kedua, masuk (login) ke KET dan coba search “Asbestos”.
Harus login supaya kita bisa liat CPCnya

Ketiga, pada match type pilih Exact (yang lain gak usah di checklist) dan Sort keyword berdasarkan CPC (klik Approximate CPC
)
Maka beginilah yang akan muncul:
Setelah kita sort, maka keliatan kerennya tuh niche “Asbestos” dengan CPC tertinggi di pegang oleh [asbestos exposure lawyer] dengan nilai CPC $137.23. WOW.
Keempat, disini mulai memasuki masa yang sulit dimana feeling dan insting berperan kuat.
Setelah semua list keyword terlihat, pilih keyword yang kira2 low competition. Feeling saya mengarah kepada keyword teratas pada niche asbestos ini, yaitu [asbestos exposure lawyer].
Kelima, lakukan penelusuran pada keyword [asbestos exposure lawyer].
Kita mulai research dengan melakukan penelusuran pada keyword:
[asbestos exposure lawyer]. << klik
Hal – hal yang diperhatikan dalam research ini adalah (indikator) :
PERHATIAN! Indikator ini sangat membutuhkan bantuan SQ untuk mempersingkat waktu.
  1. Lihat pada search result.
    Pada keyword ditunjukkan seperti ini “About 993,000 results (0.18 seconds)”. Itu artinya ada 993ribu halaman pesaing pada keyword ini.
  2. Lihat PageRank webpage yang berada di halaman 1 dan rata2kan.
    Pada halaman keyword ini ditunjukkan blog terdiri dari PR: N/a, 1, 3, 4, 3, N/a, N/a, 2, 3, 3. Jadi kita dirata2kan menjadi: (0+1+3+4+3+0+0+2+3+3)/10=1,9
  3. Lihat Backlink webpage halaman satu.
    (Berhubung SQ di komp saya lagi error, saya blm bisa liat backlink)
  4. Cari tahu jumlah real competitor.
    Caranya, lakukan penelusuran dengan dork “intitle:asbestos exposure lawyer”lalu bagi 100 hasil penelusurannya. DIsana tertulis “About 373,000 results (0.11 seconds)” itu artinya real competitornya adalah 373.Ingat, ini hanya menggunakan kemungkinan. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, real competitor hanya 1% dari hasil penelusuran dengan menggunakan dork inurl: keyword. Masih banyak cara lain yang saya gunakan untuk mencari real competitor. Silahkan dikembangkan sendiri menurut pemahaman masing – masing.
  5. Lihat perbandingan innerpage dan homepage pada halaman 1 keyword.
    Contoh homepage: adsense-id.com
    Contoh innerpage: adsense-id.com/inner.htmlPada keyword kita ini, terlihat ada 7 innerpage dan 3 homepage.
Keenam, sekarang mari kita mulai penilaian.
  1. Search result:
    1. Dibawah 5.000.000 = low competition
    2. Dibawah 15.000.000 = medium competition
    3. Diatas 15.000.000 = high competitionPada keyword contoh search result hanya 993,000. Itu artinya untuk search resultnya memiliki rating low competition bahkan very low competition.
  2. Page Rank:
    1. Rata2 dibawah 3 = low competition
    2. Rata2 dibawah 5 = medium competition
    3. Rata2 diatas 5 = high competitionPada keyword ini, rata2 hanya 1.9 itu artinya masuk kategori low competition.
  3. Backlink:
    1. Backlink dibawah 1000 = low competition
    2. Backlink dibawah 5000 = medium competition
    3. Backlink diatas 5000 = high competitionPada keyword ini, (*maaf, blm bisa cek)
  4. Real competitor
    1. Dibawah 1000 = low competition
    2. Dibawah 3000 = medium competition
    3. Diatas 3000 = high competitionPada keyword ini masuk ke low competition.
  5. Homepage VS Innerpage
    1. Innerpage dibawah 10 = low competition
    2. Innerpage 5 = medium competition
    3. Innerpage dibawah 10 = high competitionPada keyword ini, low competition karena ada 7 innerpage.
Ok, dari semua indikator diatas dapat kita simpulkan bahwa keyword [asbestos exposure lawyer] merupakan keyword yang low competition dan hebatnya keyword ini high CPC tapi low exact search.
Ok, itulah cara saya research keyword. Ingat, indikator diatas adalah indikator yang berlaku bagi diri saya. Bisa jadi indikator diatas tidak berlaku bagi kemampuan anda. Dan ingat, indikator diatas hanyalah sebagian cara bagaimana mendapatkan keyword yang baik.
Misalkan untuk indikator pada backlink, anda bisa menilai low, med, atau high competition dari backlink tsb dengan cara melihat apakah webpage yang ada di halaman pertama pencarian meletakkan backlink dengan anchor sesuai keyword.
Lalu, kenapa saya kasih judul “Cara Saya Keyword Research – Induk dari Berbagai Macam Earning”?
Ini saya lakukan karena memang benar adanya. Dengan keyword research yang benar, tentunya kita akan lebih mudah mendapatkan earning dari berbagai media. Misalkan adsense, amazon, dsb. Dan sekedar informasi, 1 keyword dengan cara research seperti ini dihargai $10 diluar sana. Dan saya sampai saat ini masih memiliki pelanggan tetap yang mau membayar saya $15 per keywordnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Follow jo_indonesia on Twitter